Search

Sunday 3 February 2013

Kuliah atau Kerja


Sebagai anak yang mempunyai orang tua kaya atau berpunya, tentunya hal ini tidak menjadi masalah. Dari awal masuk SMA pun pasti ada keinginan untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, karena yang diperlukan olehnya hanyalah niat dan keinginan saja. Tetapi, bagi sebagian pemuda yang mempunyai orang tua tidak mampu atau tidak berpunya, maka niatnya akan terbentur kepada hal yang menjadi masalah bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, yaitu “BIAYA”.


Atas dasar itu, munculah sebuah dilema, antara melanjutkan kuliah atau kerja?? Tidak sedikit orang berprestasi dan punya keinginan kuat yang mengalami kebuntuan untuk melanjutkan pendidikan saat keluar dari SMU, sehingga mereka memutuskan untuk bekerja.

Sebetulnya, untuk yang sudah bekerja sekalipun, masih bisa melanjutkan pendidikannya. Masalah ini bisa diakali dengan banyak cara, yang penting tekad kuat dan usaha yang bersungguh sungguh.
Banyak Universitas dan Sekolah Tinggi yang membuka kuliah pada jam jam yang tidak biasa, seperti sore hari atau malam hari, bahkan ada juga yang membuka khusus pada hari hari libur. Ini dikarenakan permintaan dunia kuliah mulai berubah. Banyak mereka yang sehari hari bekerja, meluangkan waktu senggangnya untuk melanjutkan kuliah.

Kuliah yang diatur waktunya sehingga bisa digunakan oleh para pekerja, dan mengumpulkannya untuk belajar di waktu bukan jam kerja dinamakan “Kelas Karyawan”. Memang kalau dipikirkan secara sepintas akan melelahkan, tetapi jika dijalani, maka hal ini bisa menjadi sebuah tantangan baru yang harus dihadapi.
Bagi pekerja dengan jam kerja non-shift bukanlah sebuah kesulitan, karena biasanya mereka bekerja pada pagi hari saja. Pada sore hari atau malam hari bisa mereka manfaatkan untuk mengambil kelas karyawan. Tetapi bagi pekerja non-shift, inilah yang memang agak membingungkan, karena jam kerjanya berubah ubah, kadang pagi hari, siang hari ataupun malam hari.

Berikut tips untuk Anda pekerja shift yang berniat kuliah :

Temukan perguruan tinggi yang menerapkan jadwal kuliah fleksibel
Maksudnya yang mempunyai jam kuliah pagi hari, siang hari, sore hari dan malam hari, bahkan jika memungkinkan hari libur. Sehingga Jika Anda kerja pagi hari, Anda bisa mengambil jam kuliah pada sore hari, begitu pun sebaliknya.

Bijaklah dalam mengatur waktu
Kuliah dan kerja membutuhkan energi yang banyak, hal ini bisa menyebabkan kelelahan. Oleh karena itu, tetapkanlah waktu secukupnya untuk beristirahat, kurangi aktivitas yang tidak mendukung kepada tujuan Anda.
Istirahat, khususnya tidur bisa membuat tubuh kita yang setiap hari bergelut dengan aktivitas yang tiada henti bisa terisi kekuatan kembali, sehingga jika tidur cukup maka kinerja badan dan pikiran pun akan maksimal.

Biasakan Pola Hidup Sehat
Beraktivitas dalam dua aspek, yaitu antara melanjutkan kuliah dan kerja, terkadang membuat kita lupa waktu, hingga terkadang kita lupakan hak hak dari tubuh kita, seperti makan dan istirahat. Karena itu buat jadwal yang baik agar Anda terbiasa dengan pola hidup sehat, yaitu makan teratur, olehraga teratur dan istirahat teratur. Taati dan laksanakan jadwal yang Anda buat, lama kelamaan hal yang Anda lakukan secara paksa akan menjadi hal yang biasa.

Itulah beberapa tips agar Anda bisa sukses kuliah sambil bekerja. Mumpung masih muda, tidak ada salahnya kita capek dan memaksakan diri untuk kuliah, karena dengan berkecimpung di dunia kuliah, maka wawasan kita akan semakin bertambah.

Sumber : http://www.gudangkuliah.com/

No comments:

Post a Comment