Search

Thursday 31 January 2013

Manfaat Mencuci Tangan Untuk Kesehatan Hati




Dalam banyak wacana, banyak dampak positif yang bisa diambil hanya dengan melakukan hal sederhana yaitu: mencuci tangan. Beberapa penelitian mengungkapkan, manfaat mencuci tangan, akan menurunkan tingkat penularan penyakit seperti flu. Manfaat mencuci tangan juga bisa untuk mencegah penyakit dehidrasi seperti diare, yang pada anak-anak merupakan salah satu penyebab kematian terbesar.

Saat ini manfaat mencuci tangan ternyata semakin meluas. JIka sebelumnya manfaat mencuci tangan hanya dikenal sabagai cara untuk menjaga kesehatan fisik, saat ini mencuci tangan juga bisa menjaga kesehatan psikologis seseorang. Bagaimana caranya?

Manfaat Mencuci Tangan Untuk Menghilangkan Perasaan Negatif
Menurut ‘Journal Current Directions in Psychological Science’, manfaat mencuci tangan juga terlihat pada masalah psikis orang yang melakukannya. Penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Michigan, Amerika Serikat, mengatakan bahwa efek psikologis yang muncul ketika seseorangf mencuci tangan adalah hilangnya sebagian besar perasaan buruk, dan munculnya perasaan bahagia.

Dikutip dari Daily Mail, Spike Lee, salah seorang peneliti mengatakan dengan mencuci tangan, mandi bahkan hanya dengan memikirkan keduanya, seseorang bisa mengurangi atau menghilangkan perasaan amoral, tidak beruntung, atau keraguan. Efek berkurangnya hal-hal yang dianggap negatif ini sangat berpengaruh pada kehidupan dan aktivitas sehari-hari, setidaknya seseorang menjadi lebih optimis dalam menjalani hari-harinya.
Bagaimana mekanismenya? Menurut Lee, manfaat mencuci tangan untuk pembersihan hati terjadi dengan cara mengurangi residu (sisa) dari pengalaman buruk yang terjadi sebelumnya. Dampaknya, ketika seseorang berusaha mengingat masalah di masa lalu, kesalahan yang pernah terjadi yang menyebabkan seseorang berpikiran buruk, dengan melakukan cuci tangan atau mandi, maka efek negatif tersebut akan berkurang, dan biasanya berganti dengan perasaan yang bahagia.

Apakah Perasaan Positif Bisa Menjadi Negatif?
Walaupun begitu, jika seseorang mengenang hal baik dan positif, manfaat mencuci tangan akan menjadi berkurang dalam keadaan sebaliknya, dimana mereka yang mencuci tangan dalam keadaan positif, ternyata bisa menimbulkan sedikit ketidakpuasan, namun bukan berarti menyebabkan perasaan seseorang tersebut menjadi tidak bahagia.
Penelitian yang dilakukan kepada beberapa responden ini, mengambil dua tempat yaitu tempat yang bersih dan tempat yang kotor. Dimana, ketika seseorang berada di sebuah tempat yang bersih dan diminta mengingat hal yang buruk seperti kesalahan masa lalu, kekurangan diri, problem sosial, mereka memiliki perasaan yang lebih baik disbanding mereka yang berada di tempat yang kotor. Kemudian setelah mereka yang berada di tempat kotor, diminta untuk mencuci tangan, maka perasaan negatif mereka lebih banyak berkurang dan kemudian berganti dengan perasaan bahagia dan optimis. Disinilah manfaat mencuci tangan tersebut dapat dirasakan langsung oleh pelakunya.
Kalau manfaat mencuci tangan bisa untuk mencapai hati yang bersih dan perasaan bahagia, mari kita biasakan dari sekarang mencuci tangan saat perasaan kita sedang buruk

Sumber : http://www.manjur.net/

No comments:

Post a Comment