Search

Friday 15 March 2013

Kapan kita menikmati kehidupan ?



Kita meyakinkan diri kita bahwa kehidupan akan menjadi lebih baik setelah kita menikah, setelah kita mempunyai anak, dan lain-lain. Lalu kita frustasi karena anak kita belum cukup dewasa, dan kita akan merasa lebih bahagia bila mereka telah dewasa; kemudian kita frustasi karena kita harus menghadapi anak umur belasan tahun, dan kita merasa akan lebih bahagia bila anak-anak telah melampaui masa remaja.

Kita berkata kepada diri kita bahwa kehidupan kita akan sempurna bila pasangan kita memiliki mobil lebih bagus, bila kita bisa pergi rekreasi, atau bila kita telah pensiun.

Yang benar adalah, tidak ada saat yang lebih baik untuk memulai hidup bahagia dari pada saat ini juga. Bila tidak sekarang, kapan lagi?


Kehidupanmu akan selalu penuh dengan tantangan-tantangan. Sebaiknya ini kau katakan kepada dirimu, lalu putuskanlah untuk berbahagia. Salah satu favoritku adalah ucapan Alfred D. Souza, ia berkata, “Sejak lama sering tampak padaku bahwa kehidupan yang sebenarnya akan segera dimulai. Tetapi selalu saja ada rintangan di jalan; ada sesuatu yang harus dikerjakan lebih dahulu, ada beberapa urusan yang belum tuntas, masih ada waktu yang harus dibaktikan, masih ada hutang yang harus diselesaikan, baru kemudian kehidupan yang sebenarnya berawal. Akhirnya, tidak seperti dugaanku, ternyata semua kesulitan dan rintangan itulah kehidupanku.”

Sudut pandang ini membantuku untuk menyadari bahwa tidak ada jalan menuju kebahagiaan. Kebahagiaan adalah proses perjalanan itu sendiri.

Oleh karena itu, hargailah saat-saat yang kau miliki sekarang. Dan hargailah lebih banyak karena kau melewatkannya bersama orang-orang yang istimewa, cukup istimewa sehingga kau bersedia melewatkan waktumu bersama mereka. Dan ingatlah, waktu tidak akan menunggu siapapun. Jangan menunggu samapi kau selesai sekolah, sampai kau kembali sekolah, sampai berat badanmu turun 10 pon, sampai berat badanmu bertambah 10 pon, sampai kau punya anak, sampai anakmu keluar dari rumah, sampai kau bekerja, sampai kau pensiun, sampai kau menikah, sampai kau bercerai, sampai malam Sabtu, sampai Minggu pagi, samapai kau dapat mobil baru atau rumah baru, samapi kredit rumah atau mobilmu lunas. 

Yakinkan dirimu, bahwa tidak ada saat yang lebih tepat daripada hari ini untuk berbahagia. Kebahagiaan adalah PERJALANAN, bukan TUJUAN.

No comments:

Post a Comment